Vita Brevis


Vita Brevis

or
Life is short

kata itu yang sering dikatakan uskup Hippo Regius (Agustinus) pada Floria Aemilila (gw baca di buku Vita Brevis), saat beliau masih menjalani kehidupan duniawi (belum jadi uskup)

this book is about long mail from Floria ke Aurel (alias Agustinus, the holy man buat mayoritas umat Kristen). Ini tentang gimana "ketidaksetiaan" Agustinus pada Floria

Mereka fallin love each other, hidup bersama selama 12 tahun without marriage n punya anak. Tapi ga bisa menikah n akhirnya pisah, karena dihalangi oleh Monika (mamahnya Agustinus) yang pengin si Aurel ini menikahi cewek tajir n dibaptis. Monika ngusir Floria dari Roma buat balik ke Afrika (Carthage) leaving Agustinus n Adeodatus (sad sad sad things...)

They got separated by his mom (walo akhirnya tetep ae kayaknya Aurel ga married), but although like dat, akhirnya mereka juga ga bersatu, coz cinta mereka akhirnya dipisahkan oleh Tuhan (the affection object nya Agustinus)

Floria marah
karena nganggap Agustinus ga menginterpretasikan ajaran Nasrani dengan benar. "Aku tidak percaya pada Tuhan yang memisahkan laki2 dari perempuan yang dicintainya"

nganggep Agustinus udah mengkhianatinya, pertama karena Monica, dna kedua karena Tuhan

marah karena nyebut anak mereka (Adeodatus) sebagai "buah dosaku", bagaimanapun dia nggak merasa apa yang mereka lakukan itu dosa, dan kalaupaun itu adalah dosa, tidak sepantasnyalah seorang anak dikatakan sebagai buah dosa. Walaupun ironisnya, Agustinus memberikan nama Adeodatus (anak yang dianugerahkan Tuhan)

bagaimana ambigunya Agustinus dalam buku "Confessions"nya

Well, buku ini quite cool. Karena gw jadi tau, klo wanita diabad 4 aja udah berpikiran maju seperti itu. Kerennn!!

But yah!

Vita brevis

Hidup itu singkat kan

Nikmatin sebaik2nya
Dapatkan pelajaran dna pengalaman sebanyak2nya
U never know what will happen to u

carpe diem

0 Comments:

Post a Comment