TheGolden Compass




Gw abis baca buku karangannya Philip Pullman ini. Ada 3 seri sih, the Golden Compass, The Subtle Knife ma The Amber Spyglass. Tapi gw baru baca 2 seri pertamanya. Well, buku ini mayan keren!

Buku ini menceritakan kehidupan seorang little girl [Lyra] yang hidup didunia yang hamper mirip dengan dunia kita, tapi beda [well, its just like another dimension, not another world]. Di dunianya Lyra [dunia Golden Compass], setiap manusia tu punya demon [not evil lho], uhmm… klo bahasa kita sih “soul” kita.

Demon ini berujud binatang yang akan mencerminkan gimana pemiliknya. Saat masih kecil, demon ini masih bisa berubah2 wujud, tapi setelah dewasa, demon akan mengambil satu bentuk tetap.

They believe klo ada berjuta-juta dimensi dalam hidup ini. Dalam 1 alam semesta yang sama tapi ada kehidupan2 yang berbeda dengan yang kita jalanin sekarang. Bunch of million dimension.

Dan dari berjuta2 dimensi itu, ada dimensi dimana kita hidup skr, dimensi2 lain dan ada 1 dimensi penghubung. Dimensi penghubung nih tempat hidupnya manusia2 [Serikat] yang mengetahui rahasia pintu masuk ke dimensi lain, dan tempat hidup malaikat2 pemberontak [aha!]. Dimensi Torre di Angeli, dimana ada Sang Pembawa, yang mempunyai Pisau Ajaib yang bisa memotong benda apa saja [bahkan pintu dimensi!].

Lyra kesasar ke dimensi Torre di Angeli gara2 mu nyegah orangtuanya yang mu ngancurin Debu [partikel misterius yang menggemparkan dunia Lyra yang didunia kita disebut Materi Gelap]. Si Lord Asriel nih mu perang melawan Otoritas [aka God hohoho]. Di dimensi ini Lyra ketemu ma Will [anaknya Stanislaus Grusmann, epnjelajah antardimensi juga] yang ndilaalh ketiban sampur sebaga”sang Pembawa Pisau Ajaib”

Intinya si Lyra nih punya peran penting bagi kelangsungan dunia ini [dicast as “Eve” :P], so dia dikejar2 n diburu2. Uhmmm…. Pokoknya bla bla bla gitu deh. seru

Keren juga siiih. Dimensi lain?

Ouwww… percaya bangett… Tuhan kan Maha… Dia bisa melakukan apa saja kan. Termasuk menciptakan waktu, waktu yang sama tapi dengan berjuta2 kehidupan [kejadian] yang berbeda. Skenario2 hidup kita yang lain.

Well, kehidupan2 gw yang lain mungkin. Mungkin bokap n nyokap gw ga ketemu, so gw ga ada, tapi gw hidup sebagai manusia lain, misalnya seorang Anna, yang punya kehidupan berbeda dengan yang gw jalanin sekarang.

Or… Gw ga jadi ambil Kedokteran, gw mungkin kerja sebagai analyst IT gitoo :P

Or… Gw ga ketemu Mita n the gang, gw pasti bakal jadi different dr Luluch

Or… Gw ga jadian ma Ario, mungkin gw dah married ma entah siapa [tg?:P]

Or… Gw ga suka [banget] ma Zen, so gw punya kehidupan coass yang berbeda

Gw pikir ada kehidupan2 gw versi lain. Ada Luluch lain yang menjalanin kehidupan lain. Its possible I guess. Why not?

Well tapi apapun itu, in fact inilah hidup gw sekarang. Hasil dari pilihan2 yang gw buat

That’s life, pilihan sekecil apapun tetepa memberikan dampak bagi hidup kita. Bahakan keputusan untuk mulai berbicara pada seseorang bisa ngefek besar [kita mengubah jalan hidup kita dan jalan hidup orang lain], atau bahkan tindakan2 yang kita lakukan nggak kita sadari, bisa ngefek ke orang lain.

I guess this world in a web of choice. Ada hal2 yang kita tahu persis akibatnya, tapi ada juga hal2 diluar kuasa kita

Tapi… semuanya…

Maktub [O'o... Paulo Coelho banggetttt... :P]

0 Comments:

Post a Comment