Can you please find me a Lawyer...??

I have funny story few days ago…

Hari Selasa, aku pulang dari Surabaya ke Solo, naek Bus EKA Eksekutif. Bis-nya tu mangkal di Bungurasih luamaaa banget, 45 menit-an. Yang biasanya tiap kali aku balik ke Solo tuh bis-nya cuman terisi separuh, tumben kali ini full. Trus disebelahku duduk bapak2, umurnya kira2 45-an gitu. Dia bawa koper, pegang koran [Kompas], it seems that he just had some meeting or course in Surabaya.

Bis mulai berangkat. Awalnya sih fine2 aja. Tapi aku mulai merasa sedikit terganggu. Coz, bapak2 di sebelahku itu mulai baca koran. N caranya baca koran tu menurutku ga sopan untuk dilakukan di bis [ga wajar]. Bis kan sempit, dia baca Kompas tuh halamannya dibuka lebar2 [2 halaman gitu], bukannya dilipet biar hemat tempat n ga ganggu sebelahnya.

N… another bad side… dia pegang korannya bukannya dipertengahan halaman, tapi agak kebawah. So, bisa dibayangin lah, udah buka korannya lebar2, mana megangnya agak kebawah lagi, so… tangan kirinya tuh nyentuh pahaku. Weww… ga nyaman banget deh!!

Aku pikir, rese banget nih orang! Aku udah mingsep2 mojok gitu, tapi dianya tetep gitu aja… Mu langsung komen, kok ga enak [sifat burukku].
Aku sms my Pal [P]
“Sebelahku rese nih, pegang koran, tangannya terlalu kebawah, terlalu deket ma paha.Huh”

Trus aku telpon dia
“Weh, rese banget nih”
“ya pindah aja lah, pindah ke belakang”
“Susyeee… bawaannya segambreng gini, ribet” [I brought 2 bag, so heavy…]
“lhah napa, pindah aja, daripada digangguin”
“Nggak ah, lagian aku udah siap pisau dan gunting kok” [Aku kalau kemana2, selalu bawa emergency-kit, yang isinya pisau-gunting-etc, in case klo ada problem].
“ya udah, kalau macem2, langsung ketusin ajah”

###

Trus… aku pikir dengan mendengarkan percakapanku, dia tahu klo aku bawa benda tajam n dia bakal ga macem2. Well, emang ga macem2 siy… tapi tangannya tetep aja megang koran dengan cara gitu. Trus kalaupun lagi ga baca koran, telapak tangannya yang kiri tuh ndlosor di jok, padahal kan dia duduknya melebar gitu, otomatis juga ampir kena paha ku dong. Wew…. Kakiku sampe kuangkat ke atas kaki kiriku biar ga kena ma tangan tuh bapak.

Posisi tangan seperti itu kalau pas naik bis kan tidak wajar tho… Aku, dan juga kulihat pada orang2 lain, biasanya kalau duduk di bis tuh tangan diatas pangkuan atau dilipat, nggak ndlosor gitu kecuali kamu duduk sendirian. Walaupun seandainya dia ga niat buat “macem2”, tetep aja itu tindakan tidak wajar dan egois, karena disebelahnya ada orang [aku]. Heh…

Melihat gelagat bahwa dia akan tetep kayak gitu, aku ambil guntingku, pura2 gunting kertas. Eh… tangannya tetep gitu. Trus kuambil pisau buah [lumayan tajem lhoh], aku pura2 motong materi refrat Ca Nasofaring menjadi 2 bagian, trus kumain2in pisaunya… tangannya geser dikiiiiiiittt….

Huhhh!!... Sumpehhh… bete banget dehhh… mana abis itu dia pura2 tidur sambil dengerin mp3 lagi, tapi tangannya tetep gitu!!Aku duduknya bener2 mojok, ga nyaman banget!! Emang sih, ga colak-colek gitu, tapi… rese banget!!

Mana lagi dia sempet benerin “mestak” celananya [jahitan bagian selangkangan]. Wuaaaa… jangan2 dia emang beneran oom2 ganjen yang suka beraksi dalam public transportation!!

Puter otak…
Trus, aku telpon temenku lagi

“Hei, apa?”
“Yang tadi, masih nih”
“Ya diomongin aja no, pindah-o”
“Eh ya, klo aku butuh, kamu bisa siapin lawyer gak?” sengaja aku kerasin ngomongnya
“Buat apa?bisa-bisa…”
“yahhh.. in case aja ada masalah
“Gampang kok”
“yang kayak gini bisa kan kalau aku buat tuntutan atas perbuatan tidak menyenangkan?”
“Bisa banget. Ya, ntar klo ada apa2, kamu pakenya jangan pisau, tapi gunting aja”
“Hmm… pakai gunting aja yah..”
“He’eh, soalnya kalau pisau kan isa termasuk terencana, kalau gunting kan kamu dalam posisi membela diri”
“ Ohh… gitu. Tapi seandainya ada apa2, bisa kan lawyer-nya?”
“Siap sedia, dimanapun...”
“ok deh”

Kututup telpon, dan aku ngelirik ke kanan. Tangannya dipindahin ke pangkuan!!Yess!! Aku akhirnya isa duduk dengan wajar… Trus few moments later… dia berdiri, pura2 ngambil kopernya di bagasi atas tempat duduk. Agak lama… Trus… kemudian dia pindah duduk dibelakang.

Yihaaa!!!Alhamdulillah… Yes-yes-yes!akhirnya… lepas juga dari oom2 nyebelin itu. Keqkeqkeq… kayaknya dia jiper juga setelah aku nyebut2 lawyer-tuntutan atas perbuatan tidak menyenangkan-tindakan membela diri

Hahahaha…
Dasar dasar… sebelumnya ga nyangka ajah klo bapak2 itu kayak gitu, abis bacaanya Kompas, soalnya menurutku, orang yang baca Kompas supposed to be a mannered person, behave-lah… tapi ternyata… tangannya ga sopan [walau ga kentara sih, ga langsung colak colek gitu].

We [woman], should be careful when we are travelling alone. Better prepare everything. Kalau kamu orang yang isa maen “tembak langsung” [langsung ngomong-negur], its very good for you. Tapi kalau kamu kayak aku [ngerasa ga enak buat negur], yah kamu siap2 aja “senjata” hehe. N anyway… kayaknya ancaman-tuntutan-atas-perbuatan-tidak-menyenangkan juga cukup ampuh lho hehe :P

0 Comments:

Post a Comment