Varicella

About 10 days ago...

I got Chicken pox!![bukan ayam di-tabok lhoh!Pokk!!--> garing hahaha]

Yap yap... kena Varicella alias cacar air

Weuhhhh... berat berat...

Awal mulanya di awal puasa, adikku yang paling kecil kena cacar air. Aku waktu itu abis bepergian, dan kondisi "PMS" which makes my body not in fit condition...

Awalnya sih cuek ajahhh... maih deket2 Bintang, peluk-cium gitu deh... soalnya kata ibu, aku dulu udah kena cacar air waktu kecil, beside that pas si Gun kena cacar air, aku juga fine2 ajah... ga ketularan...

Tapi ternyata...

Kurang lebih hari ke 13 puasa, sehabis jaga di Rs, pulang2 aku ngerasa badankau ga enak banget... kayak "dilolosi", lemesssss bangettttt, kerasa sakit di otot dan persendian, plus pusing banget.... Wahhh... curigaku pertamakali aku mu kena flu nih...

Trus kondisi itu [malaise, myalgia, cephalgia] bertahan dua hari... n... dibadanku mulai muncul lesi [ruam merah gitu], aku cuekin ajah... eh beberapa jam kemudian lesi makulopapular itu berubah jadi vesikel... dan muncullah lesi2 lainnya ditubuh dan kulit kepala [yes!!vesicles on my scalp, imagine it!]

Dan... sadarlah daku kalau aku terkena cacar air... huhuhu... artinya aku kena 2 x!! Yap... emang di textbook ketulisnya cuman nyerang sekali seumur hidup. Tapi akhir2 ini sering denger ada yang kena cacar air lagi. So... penjelasannya... mungkin bagi orang2 sepertiku, sistem immun yang harusnya "merekam" aktivitas si VVZ [Virus varicella-Zooster] ini "lupa", so kena lagi jadinya Varicella...

Sekilas tentang Varicella, penyakit ini berkembang dari VVZ, yang bila kita terkena untuk pertama kalinya, akan menjadi penyakit cacar air, cuman bila terpapar lagi oleh VVZ ini, bagi orang yang udah terkena cacar air, akan menjadi penyakit Herpes Zooster [cacar ular?] --> well, ternyata tidak berlaku bagiku, karena aku terkena cacar air 2 kali...

yah... lebih baik kena sekarang daripada ntar pas hamil, coz... its dangerous for the baby... Oh ya, klo kena Varicella, lebih baik meng-isolasi diri. Karena cacar air ini sangat menular. Penularannya dimulai dari 2 hari sebelum lenting muncul sampe keropeng-nya mulai jatuh... So... bisa dibilang silent infection [terutama yang dalam masa inkubasi akhir]. Dan jangan dekat2 ibu hamil yahhh... kesian klo ketularan...

Cacar air ini masa inkubasinya 10-14 hari-an, dan gejala awalnya ialah malaise [perasaan lemah, lemes...], myalgia [kerasa sakit dibadan...], ma cephalgia [sakit kepala ato pusing], selain itu juga demam [biasanya demam rendah, aku kemaren cuman demam 37,8 C, itupun cuman pas sore ajah...]. Trus sehabis itu muncullah lesi2 di kuliat, terutama di badan, muka, kulit kepala, yang terakhir di ekstremitas [kaki-tangan]. Lesi ini awalnya berbentuk makulopapular [ruam berwarna kemerahan] yang kemudian dalam beberapa jam berubah menjadi vesikel [lenting berisi cairan bening, gatelll bangettttt], kemudian selang beberapa hari lenting ini akan berubah menjadi lenting berisi cairan keruh [artinya dah mu sembuh], dan kemudian menjadi keropeng dan akan jatuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-2 minggu. Oh ya... varicella ini UKK [Ujud Kelainan Kulit]-nya berentuk polimorf... artinya... dalam satu waktu bisa didapatkan berbagai stadium penyakit [ruam-lenting vesikel-pustula]...

yah, sebenernya bukan penyakit berat sih... tapi buat orang dewasa atao orang tua [apalagi dengan daya tahan tubuh yang rendah], it cud be dangerous... karena gejala yang dialami lebih berat, serta bisa timbul komplikasi macem2...

Tapi... yang lebih ku-takutin sih sebenernya bekas cacarnya sendiri hehe... yah... maklumlah... cewek gitu lhoh... Tapi asal ga diutak-atik [jangan digaruk!], pada akhirnya bekas cacar-air akan hilang sendiri [menurut text book lhoh...]. Kalau ke dokter kulit, paling juga dikasih salep ramuan isi Madecassol

So... setelah men-diagnosa diri sendiri [haduuhhhh dokter kok cacaren???], akhirnya aku me-resep-i diriku sendiri dengan Acyclovir 5x800mg selama 7 hari, plus taking multi-vitamin...

yah yahh... finally... by taking acyclovir, lenting vesikel-nya cuman muncul dibadan dan kulit kepala ajah... Tapi jangan tanya... tetep aja guateeeellll bangettt plus sakit banget [terutama yang di-scalp]. Untuk mengurangi rasa gatal, I put Caladine [u can take other calamine lotion] on to my skin n taking CTM [so i can fall asleep to avoid my need to scratch the lession..]. trus... tetep mandi!!harus dijaga kebersihan kulitnya... soalnya di kulit kan banyak bakteri, klo vesikel-nya pecah, dan bakteri-nya menginfeksi kulit... jadi lebih parah sakitnya...

Untuk mencegah kena varicella sih bisa di-vaksinasi... Tanya aja ke dokter terdekat hehe

Whoahh... muga2 ga kena VVZ lagiii...

Free from varicella, free from Herpes Zooster:>

7 Comments:

  1. Anonymous said...
    Hi,

    skarang saya lagi kena cacar air, saya di belanda. kemarin saya suda check k dokter, tetapi saya tidak dikasi prescription apapun. saya bingung, dokter saya di indonesiapun telpon bilang saya setidaknya harus minum acyclovir 200mgx5 sebanyak 25 tablet. Tadi pagi saya telepon dokter saya, dya bilang itu sudah terlambat karena spot2 sudah menyebar.tetapi dokter saya di indonesia bilang saya harus tetap minum acyclovir. apakah minum acyclovir saat ini sudah telat kalo spot yang ada di tubuh saya sudah hari ke 4?
    dan adakah efek samping dr acyclovir?
    am really looking forward for ur respond.


    trims.
    Luluch said...
    Hai,
    Acyclovir disarankan diberikan mulai lesi muncul s/d max 3hr.U/ pdrt varicella dewasa,dose 5x800mg u/ 5-7hr.Acyclovir 5x200mg itu dose anak,atau u/ Herpes.Jd diberikan pd hr ke 4 tu efeknya sdh ga seefektif 3 hr sblmny,krn spot sdh byk menyebar,dan sebgn sdh dlm tahap mu sembuh.Kalaupunttp diberikan,mgk dgn pertimbangan efek sugesti,lgpula saya belum pernah dengar ttg ES-nya.Ok,tp tanpa Acyclovir pun pasti cacarnya sembuh dlm mg ini deh :)
    Luluch said...
    Hai,
    Acyclovir disarankan diberikan mulai lesi muncul s/d max 3hr.U/ pdrt varicella dewasa,dose 5x800mg u/ 5-7hr.Acyclovir 5x200mg itu dose anak,atau u/ Herpes.Jd diberikan pd hr ke 4 tu efeknya sdh ga seefektif 3 hr sblmny,krn spot sdh byk menyebar,dan sebgn sdh dlm tahap mu sembuh.Kalaupunttp diberikan,mgk dgn pertimbangan efek sugesti,lgpula saya belum pernah dengar ttg ES-nya.Ok,tp tanpa Acyclovir pun pasti cacarnya sembuh dlm mg ini deh :)
    sazha said...
    makasssssi atas respondnya yang cepaaaat Dr. Luluch :) :) :) soalnya aku bingung banget dr kmrn cari2 di internet kebanyakan kasus ke anak kecil :P

    waduudu.. jadinya kalo saya minum skrng percuma juga ya? apa harus ku setop aja? soalnya aku baca dr beberapa site itu juga bisa mempercepat keringnya si pox dan bisa bantu untuk menghilangkan bekas.. bener begitu ya?

    soalnya aku takut banget. never really see my body covered with these lot of spots.. dari kakiku trus sampe ke muka, besar2 lagih yang di mukaa.. :( dan kmrn itu saya k dokter dya ngga kasi apa2 cuman senyum asked me to go home and take rest. gimana aku ngga freak out. aku tanya orang tuaku mereka awam banget soalnya ngga ada yg pernah kna chickenpox sblmnya dr sodaraku. mknya kmrn pas kuceritain ngga dikasi obat my mom really2 panicked.. telpon sana sini.

    and spots on mukaku kok rada beda ya sama yg di tubuh? lebi besar. n beberapa itu ada yang pecah keluar sumthin like yellow liquid. itu keinfeksi ngga ya? kalo kubasuhin pake air yg dicampur dettol bole? soalnya kmrn aku coba bilas mukaku pake dettol rada perih juga :(
    aku beneran takut lietin begini. belom ada yg kering. kecuali yang udah kuar kuning2 itu..
    Dr. Luluch ada saraaaan?
    aku beneran takut ngebekas.

    Dan tyap pagi aku bangun kpalaku tuh kerasa berat banget. pening. untuk kayak 2/3 jam gitu. itu normal ngga ya? demamku udah ilank sih cuman masi suka pening2 aja..

    sorry banyak pertanyaannya, aku bener2 bingung seeking help dmana. aku baru banget disini. dan aku juga ngga gitu ngerti bahasa belanda. temen2ku, ngambil langkah seribuuuuu semua pas tau aku kena cacar.. :(

    makasi Dr.Luluch!! ;)
    Luluch The Cinnamon said...
    Pantas mereka takut,its very contangious,hrs dikarantina tuw :P Well,emang bekas cacar pd org dewasa lbh sukar ilang drpd pediatri.ak da 4bl,bksnya msh ada.yah,unfortunately km g dikasi acyclovir dr awal,jd kadung nyebar dimuka.Ak ada resep SpKK bwt ngilangin bekasnya,tp via email aj bisa?krm imel aj ke viluchi@yahoo.com
    Btw,bersihkan pke Dettol bole,tp usahakan jgn smpe pecah,rata2 bekasnya dalem klo pecah,lbh susah ilang drpd yg kering sdr.Oke
    Anonymous said...
    hi


    dok, saya sekarang lagi terkena cacar air. ada yg sudah mengering dan membentuk keropeng,,, pakah keropeng tersebut boleh saya lepas sendiri?/


    thq before...
    vivian azzumar said...
    Dok, buat ngilangin bekas cacarnya lebih baik pakai madecassol atau melanox ya? Aku berobat ke dokter kulit tapi kata dokternya gada salep buat ngilangin bekasnya, kalau ada pun yang ada cuma bikin putih dan makin ketara. Aku takut banget ini bekasnya susah ilang :'( aku 15 tahun, yaa you know lah respon remaja kalau mukanya banyak bintik bintik hehe._.

Post a Comment