PTT Biak Numfor - The Journey part Two

PTT seri ke2

Di DinKes Jayapura, udah berkumpul temen2 dokter PTT ke Papua. Mayan banyak… 67-an klo gak salah… Sementara yang ke Biak sendiri ada 13 orang [uakeeehhh]. Disana kenalan ama Tim Biak Jakarta [yang berangkat dari Jakarta ; Mz Ari-UMY 94, Mb Heny-UPN Jakarta 98, Mb Shinta – Trisakti 99, Mela – USU 2001, Gery – Yarsi 99, Steven – Atmajaya 2000], dan 6 lainnya berasal dari Bandung

Alhamdulillah banget deh ketemu ma mereka n barengannya cukup banyak. Ngeri juga kan klo berangkat ke Biak dhewean…

Akhirnya aku join tim Jakarta n barengan nginep ma mereka di Hotel Permata [bagus! Tp not recommended klo pas ke Jayapura, jauh dari DinKes Prov-nya]. Tarifnya mayan mahal, kita berempat [me, Shinta, Heny n Mela] pake kamar superior dengan double bed, bayar 430rb. Tapi aku gratis sihhh… coz masih dapat jatah nginep semalam dari Depkes senilai 200rb… Mayan… Abis apa2 disini mahallll… bwt transport aja juga mahalnya amit2 dehhh…Sekali makan di Jayapura sekitar 10-15rb gitu. Trus karena kita rame2 kita naek taksi [jangan salah, sini naeknya Avanza!]

Keesokan harinya… kami ber-7 plus temen2 PTT Supiori [Sonny – Unibraw 98, Kak sari – UISU, mas Sotja – Trisakti 87] berangkat ke Biak via Merpati. Muahalllllll… tiket pesawatnya seharga 650rb!! [bisa bwt PP Smg-Jkt tuww…]. Berangkat jam 8 pagi, nyampe Biak jam 9 pagi

Penerbangannya singkat… dan kayaknya terbangnya ga begitu tinggi deh. Dari atas masih isa keliatan laut n pulau2 kecil dibawahnya. Very2 pretty indeed…

Dan, jam 09.00 WIT, sampailah kita di bandara frans Kaisiepo Biak. Not so big... tapi lumayanlah... Trus... kita berpisah dengan rombongan Supiori, mereka langsung dijemput ma orang DinKes n menuju ke rumah Kadinkes di jl Suci- Biak, sementara kita langsung menuju ke DinKes Biak di Biak Kota

Kesan tentang Biak. Lumayan. Not so big... tapi jalannya aspal-an semua, muluss... mayan rama [kayak Purwodadi gitu deh], transportasi gampang. Kami bertujuh [Tim jakarta + me], dari bandara kaisiepo naek taksi bandara [seperti di Jayapura, its Avanza!!]. Mayan mahal sih, sampai ke Dinkes 100rb [tapi di-bagi b7].

Selain taksi "Avanza". ada juga "taksi" lain. Well, klo di Jawa ya macem angkot gitu. tapi... asyiknya... ga pake trayek, jadi tinggal bilang mu kemana gitu, dianterin sampe depan rumah juga isa!! N cuman bayar 2rb klo tujuannya masih dalam kota. Murah kan!! Tapi batasnya ampe jam 8 malem

Jalan Besar nya di Imam Bonjol. Disini terdapat Supermarket terbesar di Biak, yakni Supermarket Hadi dan Indah [tinggal sebut Hadi or Indah aja, taksi pasti langsung nganterin ksini]. Di jalan ini pula terdapat warnet [Wahyu-net, 7rb/jam], ada hotel Basana Inn ma hotel Maju, Bank BNI [plus ATM-nya] n Bank Mandiri [plus Atm juga]

Well, yah Biak mayan lengkap kok... cari makanan mayan gampang [tapi mahall!!n banyakan klo siang/sore hari]. makan rata 10rb-an gitu deh... Murahan pake ikan draipada pake ayam-daging-ikan tawar [sekitar 20-30rb an]. Kita nemu makanan enak disini di depan YAPIS, dekat kompleks TNI AU, masakannya enak, murah pula... Selain itu didekat hotel Arumbai juga lumayann...

Ini nih yang namanya nasi campur ikan. Porsinya buesaaarrrrrrr... [emang kayaknya orang sini makannya banyak2...], tapi rugi dong klo ga habis... so ya... walopun itu dobelnya porsi makan di Jawa... ya habis... hehehe :P

karena kita "diabaikan" dan "ditelantarkan" Dinkesnya, kita akhirnya nginep di hotel Maju semalam [nih hotel parah banget!! tapi muyaaaahhh...] trus cari kontrakan di daerah Dolog, jl Suci dengan bantuan bapak2 dari BNI [kebetulan bokapnya Mela kerja di BNI]. Kontrakan isi kamar 2, cukup bersih, tapi kosongan, dengan harga 550rb sebulan. yah lumayanlahhh... draipada hidup di hotel, lebih mahal tentuu...

Tapi... akrena sekitar kita itu masy Bugis, kita ga bisa serumah bertujuh, akhirnya kami berempat - anak cewek, tinggal disana, dan yang anak cowok menginap di tempat Pak Ula - Wapemcab BNI [makasih banget buat pak Ula-pak Lut-Pak Udin n mz Irfan]

*kita ga dikasi mess/penginapan, musti BS, begitu pula dengan konsumsi, ga ditanggung!! -->tidak disarankan bagi anda2 untuk memilih Biak bila ingin terjamin n insentif Pemda [oke!klo kriteria ST, bolehlah... masih dapet insentif Pusat]*

Dan yahhh... mulailah kami mencoba hidup di Biak...

1 Comment:

1. andy said...
    mudah2an betah d biak, saya tuh lahir disana, kota karang yg panas tp asyik..

main2 aj ke bosnik, korem, gua jepang dll trus banyak2 makan ikan laut,,, msh fresh dan bebas polusi...