Leaving My Numfor


Sering ada yang bertanya padaku, apa yang sudah aku dapatkan selama di Biak-Numfor 6 bulan ini.

Yah, lets be blut, for sure... tentu saja uang gaji+insentif, SMB [Surat Selesai Masa Bakti] PTT, Surat Rekomendasi DinKEs+IDI hehehe :D

Yang lainya... wahhh... banyak lagi...

Yang pertama tentu saja tambah teman... Semenjak dari awal perjalanan ke Papua hingga sekarang hendak meninggalkan Biak, aku berkenalan dengan banyak orang. Tidak haya dari kalanganku saja [kalangan dokter], tapi juga teman-teman dan kenalan yang berprofesi berbeda, dan juga berbagai macam lapisan masyarakat.


Well, aku selalu menganggap networking itu bagus, it will support your life, mainly your career... Pertemanan ini pun tidak hanya yang kenalan langsung dalam dunia nyata, tapi ada juga yang via internet. Wah... yang ini sih thanks to my blog...

Terus... pengalaman, tidak hanya dari segi medis, tapi juga non medis. Terus terang pengetahuan klinisku bertambah. Bagaimanapun karakter penyakit tuh bervariasi tiap daerah. Disini aku banyak menemui malaria dan kaskado, penyakit yang jarang terdapat di Jawa. Lumayan juga kemarin Bafith ikut Pelatihan Malaria di Jayapura, so aku ketularan ilmu terbaru dalam pengobatan malaria...

Pengalaman non medis... hmm... terutama dari segi administrasi Puskesmas serta bersosialisasi dengan pasien dan masyarakat. AKu benar-benar merasakan perubahan. Hmmm... bila anda mengenalku di rumah, anda bisa membandingkannya. Sepertinya aku mulai bisa berbasa-basi dan berkomunikasi dengan kalangan masyarakat yang berbeda.
Well, ini bekal yang sangat berharga bagi dokter, bisa berkomunikasi [secara efektif] dengan pasiennya. Karena kadang-kadang beberapa pasien tuh obat penyakitya hanya "ingin didengarkan" :)

Terus... menjadi semakin giat belajar menulis... karena itulah aku menulis blog ini. Selain sebagai catatan perjalanan hidup seorang Luluch, juga berfungsi ganda sebagai sarana latihan menulisku :)

6 bulan yang dulu terasa lama kini terasa berlalu demikian cepat... Yah, apa mau dikata... sudah saatnya untuk pulang, dan berganti tempat berpetualang dan belajar...

Terimakasih Numfor :)

7 Comments:

  1. ari said...
    Salam kenal.. Dapat info dari kawan tentang blog ini. Ternyata memang bagus banget.

    Sayang sudah harus kembali ya.. Tapi petualangan tetap berlanjut kan?
    ari said...
    Salam kenal... Dapat info blog ini dari kawan. Dan ternyata memang bagus banget.

    Sayang sudah harus kembali ya? Tapi petualangannya tetap berlanjut kan?
    Jenny Jusuf said...
    Hai Luluch, salam kenal ya :-)

    Nama saya Jenny. Senang sekali bisa ketemu blog ini dari majalah Cita Cinta. Passs banget, hehehe.

    Berkaitan dengan Papua, saat ini saya sedang menulis sebuah novel yang (salah satu) setting-nya adalah Papua. Kalau Luluch nggak keberatan, boleh nggak saya berkorespondensi dengan Luluch via e-mail?

    Terima kasih banyak ya..

    Salam,

    Jenny
    eka syahrini said...
    wahhh..seru!
    jadi pengen PTT cepet2 ne:) oya,aku arin angkatan 2004 FK USU medan..aku bikin link dari blog ku ya..
    Luluch The Cinnamon said...
    @Arin
    Hi Arin,salam kenal.Dari USU ya?temenku PTT ada yg anak USU,angk 2001,dr Mailani Karina ato Mela,kbetulan km jg ditempatkan 1 pulau,jd lumayan deket he3

    @Jenny
    Hi Jenny,salam kenal jg.wah,nulis novel ya?ttg apa?hm,ttg Papua?ak tau cm dikit lho...seputar Biak-Numfor aja he3.Tp mgk ak bs bantu dikit2,kontak aj ke viluchi@yahoo.com.oke!
    Andri Kusuma Harmaya said...
    Luch..Gak kepengin nyoba PTT lg?Ayo ke borneo..Pumpung masih muda..Hakhakhak ^O^
    Anonymous said...
    Salam kenal juga, senang mendapat info pariwisata gratis tentang numfor, bagus sekali

    Aku juga salut dan terbawa sedih dengan cerita dan pengalaman saat membantu masyarakat numfor dan saat mau berangkat, saya ikut terbawa sepertinya saya yang mau berangkat, semoga menjadi penulis yang hebat. Thank atas foto - fotonya. Aku orang biak tapi baru pertama kali ke numfor tgl 8 Februari 2007, tinggal di Andey selama 2 hari dan balik ke biak 10 Februari 2007 dan balik ke Denpasar tgl 12 Februari 2007. Terima kasaih atas info dan foto2 kindahan numfor yang menambah wawasan kami tentang Pulau Numfor

    Semoga Sukses dokter dengan pengalaman yang didapatkan.

    Salam kenal
    Anton

Post a Comment