Another PTT-tictac

Mulai tgl 29 Juli ada bukaan PTT Pusat lagi. Walau aku tidak berniat mendaftar, aku tetap iseng-iseng liat web nya [ropeg]. Eh... Setelah kulihat-lihat, ternyata Papua cuma buka sedikit. Bahkan Biak dan Supiori tidak ada bukaan. Berhubung aku masih tetap kontak-kontak dengan dokter-dokter PTT di Biak, jadi dapet gosip...

Biak ga buka lowongan PTT, coz... Ada yang perpanjang [7 dokter], trus... alasan lainnya, lg ga ada budget [aneh juga,soalnya periode sekarang ada 19 dokter PTT :P], tapi mungkin maksudnya ga ada budget buat insenda kalee... Yang kosong sih Pkm Mandori, Pkm Pasi, Pkm Wundi, Pkm Amponbukor. Padahal selama ini 1 pkm diisi 2 dokter. Ga tau deh nasib pkm2 ini ntar... Masak dibiarin kosong :? Padahal bukaan lagi kan masih April tahun depan [dugaan seh]

Some of my friends contact me. Tanya2 daerah bukaan PTT mana yang enak. Haiyyyaaah... Yah, namanya juga PTT... So so lah... Menurutku tergantung orangnya. Walau tempatnya terpencil, susah dijangkau, ga ada hiburan, dibikin enjoy ajah! [iklan banget!]. Yah, anggep aja lg jd host Jejak Petualang merangkap medis :P

Ada juga yang nanya, apa sih untungnya PTT?


Hmmm... Apa yah... Kalau aku sih "ayem" saja. Emang sih PTT udah ga diwajibkan lagi, tapi in fact, PTT Completion tuh kadang jadi syarat untuk melamar pekerjaan atau untuk daftar PPDS. Dan konon kabarnya sih, uang masuk ato uang SPP buat yang Pasca PTT tu lebih murah [katanya...]

Alasan bodong lainnya lagi, sistim birokrasi di Indonesia kan mudah berubah. Dekat-dekat pilpres yang pasti diikuti pergantian kabinet, ganti Menkes jg isa berarti ganti kebijakan. Ntar jangan-jangan PTT diwajibkan lagi... He3 :D Kelabakan rak an... [ni alasan dibuat-buat :P ]

Makanya dulu aku ambil PTT, mumpung cuma 6 bulan, n dapet insentif pusat pula :D Yah, selain itu, lokasi PTT kan jadi salah satu nilai tambah buat pendaftaran PPDS pilihanku :)

Selain itu, buat aku sendiri sih menambah pengalaman menghadapi pasien [karakteristik penduduk yang berbeda dengan Jawa] dan juga pengalaman lain [jalan-jalan he3], plus nambah relasi. So... So many things i got from PTT. I enjoy that, entah dokter-dokter lain ya [walau aku pernah juga merasakan bosan tak tertahankan saat berada di daerah sangat terpencil].

Intinya... Jangan takut berada di daerah terpencil. Tidak semua sesusah yang dibayangkan [yah walau tidak semua orang bisa bilang masa PTT nya menyenangkan :P ]. Kalau bisa nglewatin 6 tahun kuliah di FK, harusnya sih bisa nglewatin 6 bulan [atau setahun] praktek dunia nyata :D


So...yang berniat daptar PTT periode ini, Gud Luck! n selamat ber-PTT ria...

4 Comments:

  1. Dedi said...
    Salam kenal nona dokter.... :)
    Baru 1 mgg di biak, rasa kagumku dng pantainya belum ilang juga... :)
    Andri Kusuma Harmaya said...
    Ayo..Ayo..Yg maw PTT ke kapuas silakan kontak aku..diutamakan yg cewek cakep dan baik hati (ngarep..hehe..).
    Di sini aku stres luch..hasilnya,hampir tiap minggu aku ke banjarmasin buat buang2 duit..wkwkwk..enjoy aja.. ;D
    Dokter Yasin said...
    wah enak euy disana yah..
    Dokter Yasin said...
    wah enak euy disana..

Post a Comment