"Batik Bali"?? Aku ketipuuuu!!



Bukan maksudku untuk ber-narsis ria [wlo biasanya memang begitu :P ]. Kali ini, focus to the dress that i wear. I was so proud with that dress, karena aku beli kainnya pas di Papua. Spesial!!

So... Alkisah... Pada suatu siang yang panas di Kameri, datanglah 2 pedagang kain dr Jawa. Mereka mempromosikan kain2 yang mereka bawa.
"ini bagus pak!bu!"
"iya, banyak yang beli ni, laris!homemade dari Bali" timpal yang satunya [Gianyar ato Tabanan gitu].
"ini dari serat pisang lho!dingin pak, sejuk dipakai"
Kami pada rame2 berebutan megangin kain itu, emang sejuk! udah pada pandang2an, ngiler - pengennn...

"kesundut rokok juga gpp lho, ga bolong" promosi yang satunya sambil memperagakan, menyundutkan rokok pada kain tersebut. Kainnya ga bolong! Wahhh... Keren... Yang lelaki semakin bersemangat!


"yuk yuk, bikin seragam batik aja buat puskesmas"

Oke doke, akhirnya beli 10 kain, padahal nawarinnya 225rb per kain [2m doang, mehel yah!], tapi ditawar jadi 200rb. Aku juga dapet tuh, jatah batik puskesmas [mayan... Gratis euy].

Trus... Aku ngeliat kain diatas, wah... Langsung ngebet deh! Warnanya merah, coraknya unik, trus serat pisang, dari Bali pula! Semula kain itu ditawarin 275rb, tapi langsung aku tawar 200rb, "samain aja pak!!". Kedua bapak tu saling berpandangan, semula agak ga rela gt, tp kemudian dikasih juga.

Wah!seneng bgt! Dalam pikiranku aku sudah ngrancang desain untuk kain itu. Wlo harganya tergolong mahal bila dibandingin di Jawa, tp pikiran udah berkabut dgn promosi penjualnya...

Syahdan... [halah!], kain yang buat seragam batik Puskesmas itu aku jahitin di Biak. Setelah jadi, n dipakai... Eh ternyata kainnya ga sejuk lagi... trus Bapit bilang, di Biak udah byk yang pake, palagi yang motif buat seragam Pkm kita. Para penjahit di Biak juga jual kain itu, malah ama jahit sekalian cm 150rb an [padahal jahit baju dsana 60-80rb an]. 0_o kayaknya kita2 kena kibul niy...

Tapi pada fine2 aja... Lha wong gratis kok... Yaa aku yang agak gelo [kecewa...], udah telanjur beli kain 200rb [sepertinya 2x lipat harga aslinya] pribadi. Tapi masih ngayem2ke ati, "ah, yang motif kayak gini kan jarang..."

But then... When I cameback to Java, n ngliatin kain itu ama mamiku, aku diketawain. "Lhah, kain itu kan murah, ga ada 20rb semeternya, tuh dipake juga buat seragam batik guru2 juga". Agak kecewa dengernya... Tapi aku tetep ngeyel, motif kainku tu unik, jarang ada... Akhirnya kain itu kujahitin jadi terusan. Emang sih jadinya bagus, tapi kainnya udah ga sejuk lagi...

And today... Ketika aku sedang periksa pasien di poli, eh ternyata pasienku memakai baju dengan corak yang sama, warna merah pula. Plek ama yang diatas.

Oh No!!

Huahh...untung saja aku ga pake baju itu tadi... Sebell!! Dammit!! Runtuh semua pembelaan atas kain tersebut hu3... Akhirnya harus rela mengakui klo aku udah kena tipu...

Yeah...

21 Comments:

  1. aminanimoet said...
    hehe kena tipu y mba, sbr mba bln puasa :D. Btw lam knl yah mba nice blog :) blh aq link blog nya?
    banglul said...
    waduhhh

    bisa aja bikin orang percaya dengan cara dagangnya :D hihiih

    lain kali harus lebih waspada nihh
    memasak itu menyenangkan said...
    hmmmmmmmm.... ada g gambar kainnya mbak?
    kemarin saya ada beli...
    tapi masih meragukan gitu
    putra said...
    wah, sepertinya aku juga nih. Dengar dari bali, serat pisang dan adem bikin ngiler. Ditawarinya 300 ribu malah. Karna motif, warna dan bahanya adem aku ambil dgn harga 200 ribu. Sebenernya aku mau lihat di internet harga batik itu berapa, tapi tiba tiba heng otak aku. Setelah beli buka internet ketemu deh blog ini hahaha.
    Nasi sudah jadi bubur kasih ayam goreng jadi deh bubur ayam makan juga.
    GANEDIO said...
    "Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar."
    (Albaqarah:9)
    GANEDIO said...
    "Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar."
    (Albaqarah:9)
    Anonymous said...
    Barusan aku kena tipu yang ginian...
    jojo dealove said...
    hahaha,,,,aq jga beli sist
    promosinya sama,tp aq dpt hrga 50 ribu/ptg.
    dari coraknya sih lbh mirip motif batik Dayak.
    #so ga ktipu amat dah :D
    Anonymous said...
    wiihh...!!! PERSIS!!!

    baruuu aja, 10 detik yang lalu. ada yg jualan juga macam tu... wahahaha....
    Chii Renzo said...
    kayany tuh yangdepan rumah modus beginian juga yee.. kainnya dingin aje..
    shinta said...
    Oalah...ak kemaren jg beli dari promosi..katanya ada semi sutra nya 2meter ny 100rb..
    Hbs baca blog ini..serasa ak kena tipu..hadeh
    eka kurnia said...
    waaaaaaa...barusan jg habis beli 200rb.. dapet 2 ptg..eh baru baca blog ini.. sedikit kena tipu jg.. hiiiiiks.. ngiler jg sama kainnya yg adem.. kok bisa ya? trus berubah jadi ga adem ya?... T_T
    Yusuf Anwari said...
    pas bgt ketemu blog buat curhat kena tipu -_- sharing nasib nih
    Tube Ori said...
    kurangajar aku juga ketipu.. penjual mengaku bernama pak MADE dari Bali. Ngakunya sisa pameran di Braga, Bandung. Begitu tau kalo kain saya sudah ga sejuk, saya langsung search di google, ketemu deh blog ini.. ckckck..
    BATIK JOGJA BATIK said...
    lebih hati hati mbk
    Anonymous said...
    Waahhhh kyny aq juga nih... Td ada mas2 dtg k toko aq kira mau blanja eh taunya nawarin kain ktnya dr bali dr serat pisang trus dia juga ksh fto kl bjunya dah jadi ktnya itu foto wktu mereka pameran di malioboro. Aq jg d tawari 1 kain 275 trus ktnya kl ambil 2 d kasih 225. Aq bilang aq gk pnya uangnya kl sgtu. Jujur aq tergiur juga pegang bhnnya adrm gtu trus dia peragain di tusuk jarum gk bolong jd aq makin tergiur. Tp aq emg gk pgang duit bnyk cmn ada 75rban d kantong. Aq bilang aq minat tinggaln aja no tlp nti kl sy mau tlg kirim. Tp dia gk au ktny gk bisa aq blang masa kirim dr bali aja gk bisa. Trus masuk lg 1 org tnyata tmnnya dn mulai deh maksa2 gtu mrk. Mlh sm pengen barter sama mainan yg hrgnya 200rb trus aq bayar sejumlah uang yg aq pnya aja. Ya aq blang gk bisalah itu jualan org masa kasih. Trus tmnnya itu ngambil kaos kaki kntya sama kaos kaki ini aja dch biat ade dia ya aq bilang dnk gk bisa itu jualan. Trus org yg nawarin kain k aq mlh minta minyak kayu putih aja dch kt dia. Waaahhh aq sebel dnk kok ky gtu c. Udah sy gk mau aq blang gtu. Nah tmnnya itu keluar dluan. Trus yg nawarin kain k aq bilang yaudah dch saya kasih aq blang gak usah udh gk mau.trus dia maksa2 lg ktnya ikhlas ksh seberapa yg aq pnya duit stlah bedebat krn aqnya juga tertarik krn kainnya itu adem akhrny aq bayar dch 60rb sesuai yg dia bilang pas aq keluarin uang aq ksh 60rb dia minta nambh ktnya buat bli es yaudh aq ksh lg 5 rb eh dia pengennya yg 10 rb kt aq enak aja ini buat sy jajan td knya ikhlas 60rb udh d tmbhn juga 5rb trus dia nunjuk minta minyak kayu putih knya skit perut (awal dia tnya ada kmr mandi gk tp aq blg gk krn tkut) trus aq bilang gk mau yg ini aja nih kl buat sakit perut (aq ksh minyak kayu putih bekas aja msh ada bnyk kl cmn buat skit perut mah)
    Eh gk lama ada lg mas2 dtg skg logat jawa nawarin kain pula motifnya toraja kl yg ini bilangnya dr serat rumput laut ^^" trus nawarin juga motif yg sama dgn mas2 yg tadi kl yg ini nawarinnya 95rb jiaaahhh mkin yakin jdnya kl penipuan. Krn gk di tanggepin mungkin wong aq lg ngepel akhrnya dia pun pergi sendiri :-D buat mastiin apa penipuan ato gk lgs search google dn nemu blog ini.
    Maaf ya mba aq jd.crita pjg lebar. Semoga aja bisa jd pelajaran. Kta mas2 nya kl di cuci detergen jd gk adem kl mau addm lg d cuci pke shampoo ato lerak batik mba. Entah benr ato gk aq jg. Mkasih bnyk mba ;)
    Lusia Laudita said...
    he he he

    barusan istriku juga beli 2 potong @ Rp.70.000,---
    tapi kainnya bukan dingin tapi kayak habis dimasikkan kulkas gitu
    Desi Ningtias said...
    Wah baru aja aku juga beli nih mereka mempromosikannya jg sama kaya yang diposting ini, waduhh kita kena tipu deh nih
    Desi Ningtias said...
    Wah berarti aku jg sama dong baru aja aku beli batik bali ini, pas aku tanya website dia, dia cm jawab ga ada soalnya belum berani online, aku dapet harga 100, aku jga tanya "bapa ke sini(Bekasi) lg kapan dia jawab belum tau , tapi tahun depan di PRJ dia mau promote lg katanya gitu, cara promosikannya jg sama kaya gini, waduh ckckck kasian amat kita ketipu.
    dncgroup said...
    Terima kasih atas infonya yang informatif ini,dengan baca ini aq jadi gak ketipu,hampir saja aq ketipu,dengan harga 175rb,aq ditawarin,waduh kalo gak baca ini bisa ketipu juga aku,,terima kasih atas tulisannya mbak,walaupun agak kesal,tapi bisa menyelamatkan teman2 yg lain.thx mbak.
    yusri ramli said...
    Aq baru pulang dari jakarta ,uda beli kain serat pisang tu,memang cantik dan cuba untuk buat bisnes di Malaysia

Post a Comment