Bu, Jangan Lari!!

Hari ini ada cerita lucu.

Ada pasien, perempuan, Ny K, 45 tahun, datang dengan keluhan bengkak di jempol kaki kiri dan juga telapak kaki yang tertusuk kayu sejak kemarin. Aku lihat jempol kakinya, hmm... "Paronikia" alias infeksi lokal jaringan lunak disekitar kuku. Daerah dibawah kukunya bengkak, kemerahan, teraba lunak n sakit saat disentuh. Wah, isinya udah nanah semua nih...

Ibu itu mengeluh kesakitan dan tidak bisa tidur semaleman. Aku bilang ke ibu itu, mau kukeluarkan nanahnya, jadi bengkaknya dibuka gitu. Awalnya ibu itu menolak n minta obat oral saja, kubujuk2 deh sama bu Wiwik (perawat di poli yang kebetulan juga bu Camat Klambu), akhirnya ibu itu mau.

Aku minta ibu itu berbaring di tempat tidur sementara aku memakai handschoen dan meminta bu Wiwik dan Pak Edi menyiapkan peralatan medikasi. Begitu pasien itu melihat jarum suntik n tetek bengeknya, pasien itu merengek gak mau diinsisi.

Aku bujuk lagi, "ini nanti dikasih pati roso bu, jadi nanti ga kerasa sakit"
"Nggak mau, saya takut" sambil mewek n mau turun dari tempat tidur.
"Nggak bu, nggak sakit. Nanti nek ndak dibuka ndak sembuh2 lho"
"Saya nggak mau, minum obat aja" dia ngeyel.
"Ndak bisa bu, lagian masak cuma gara2 sakit aja trus ga mau??masak kalah ma anak kecil?? Lagian pasti lebih sakit nglairin bu daripada ini" omelku sambil memposisikannya berbaring lagi.

Sesudah peralatan medikasi siap, aku minta jempol kakinya disemprot ChlorEthyl dulu baru kemudian kusuntik Lidocain. Baru suntikan kedua, eh ibunya jerit2 n turun dari tempat tidur. Kami bujuk untuk tetep nerusin medikasi, ibunya menolak.

"Nggak, saya nggak mau, biarin nggak sembuh nggak papa" katanya sambil keluar dari poli.

Kami bertiga bengong... Agak gemez tapi juga geli, aih... Lha kok lari??

3 Comments:

  1. viestinlove said...
    ngomong2 penyakit ibu tadi kenapa ya.. penyebabnya maksud saya.
    thank u
    Luluch The Cinnamon said...
    Paronikia itu disebabkan... Adanya pemisahan lempeng kuku dengan eponikium (itu lho,lapisan tipis di pinggir kuku), nha... Celah itu dimasukkin bakteri, sejenis Staphylococcus, Strepto, ato Candida. Infeksi inilah yg nyebabin pembengkakan jaringan lunak di sekitar kuku. Trus, paronikia ni lebih srg didapatkan pada perempuan, palagi yg srg terkena air (masak, mencuci), trus anak2 yg suka ngisepin jari juga. Klo pasienku ini, kemungkinan krn dia petani, kakinya sering terendam air pas disawah, jdnya gampang maserasi trus kena infeksi. So yah...gt deh...
    tantur said...
    Penyebabnya mungkin kuman ya bu dok. Mungkin lukanya ga ketutup. Ibunya takut disuntik ya. Sabar ya bu dok coz lmyn bnyk yg takut suntik, apalagi anak2. Mesti dipegangin ayah, ibu, kakak, om, tante. Smbil nangis2 anaknya. Biasanya klo m disunat, apa dijahit luka. Mungkin ibu td prlu ditemeni suami, anak, cucu biar ada yg megangin :-) ato mgkn suntiknya ga diliatin. Klo trnyt susa jg, nyerah deh he..he.. Ya mgkin mrk awam, jg pendidikannya. Walopun yg lbh, blm tentu jg. Menyabar2kn diri deh :-) Pd akhirnya dioles aja pk betadin, salep ditutup kaen kasa. Dibekelin kasa, betadin, salep, obat ngetop yg ada bwat ngrawat sndiri. Super duper lengkap. Coz qta uda ngasi tahu baik ngganya, ga ada alergi, uda megangin, uda nenangin, uda pk jarum 1 cc, uda ramah. Klo jmn q kecil di kampung klo ada bengkak sejenis bisul, diangetin pake lidi ada kapasnya brminyak jelantah yg uda dipanasin. Klo blm baek jg, disudet jg deh pake peniti. Mgkn klo tradisinya sm, ibu td kali pk cara y mirip. Komentarnya kpanjangan ya, pdhl klo qta ngejalanin sndiri blm tentu bisa ;p maaf ya bu dok, q ga brmaksud apa2, hny share aj.
    Q sndiri kdg sk tkt klo disuntik ambil darah, perna m sinkop soalnya. Ya begitulah bu dok, rasa takut ato trauma prlu waktu bwat pulihnya. Oya, bu dok klo m nampilin komentar di bwh postingan gmn caranya? Trims.

Post a Comment