My Journey to West Papua

Tgl 3 April, jam 7 WIT, di pesawat Batavia Air tujuan Manokwari, aku terbangun karena silau terpaan matahari. Dari ketinggian 33000 kaki, aku melihat hamparan panorama Papua Barat yang terbentang menakjubkan.

Pegunungan hijau nan rapat dan luas. Benar2 hijau! Nggak seperti view klo lg naik pesawat melintasi Jawa yg didominasi sawah dan pemukiman. Di beberapa tempat di pegunungan itu kadang2 ada rumah2 dan kompleks2 berbentuk kubus-kubus kecil. Ga kebayang deh, how to get there??

5 menit kemudian, pramugari mengumumkan pesawat akan mendarat di bandara Rendani, Manokwari.

Pegunungan itupun kemudian berubah menjadi pemandangan laut, dan pesawat melakukan manuver turun. Agak seram, waktu mau landing, pesawat tu udah dekat bgt ma laut (kirain mu jatuh he3) baru kemudian mendarati landasan bandara. Fyuhhh... Lega.. Pesawat mendarat dengan aman.

Dokter yang berangkat dari Bandung ada 12, termasuk aku. Mereka lulusan Unpad, Unjani dan Maranatha. Dari sana dijemput pihak Dinkes Prov. Papua Barat dan diantar ke hotel Billy Jaya Manokwari (its very good service indeed...). Setelah mengurusi berbagai macam administrasi dengan pendamping dari Depkes, akhirnya kami berempat (aku, Bafit, Herdi dan Tammy) ditempatkan di losmen Langgeng.

Seneng, bisa liat Manokwari lg! Terakhir kesana, setahun yang lalu, itupun cuma sebentar. Sepertinya Manokwari tambah rame, banyak pertokoan baru yang dibangun, tapi teteup... Puanasnya ampun ampun deh...

Setelah tepar sesiang itu (pd jetlag sehabis penerbangan 5,5 jam :P ), malamnya kami ke Billy Jaya lagi. Ada briefing sebentar tentang pemberangkatan ke kabupaten penugasan, n pembagian SK, SPPD n tiket.

Woah..ternyata aku dan Bafit harus berangkat ke Teluk Bintuni keesokan harinya,pagi2 jam 7!

Agak2 bete juga sih, karena ga sempat liat2 Manokwari, tapi ya su... Mau gimana lagi tho?? Berangkatlah kami keesokan harinya ke Teluk Bintuni via Twin Otter nya Merpati.

Eugh... Jadinya ga jadi mampir ke Numfor deh (padahal cuma 5 jam perjalanan naek kapal lhoh..). Sedih... Kan pengen liat beautiful view in Numfor ( TB isn't as beautiful as Numfor n Biak! ).

Hope that we have chance to go there..

2 Comments:

  1. tantur syah said...
    slmt berpetualang kmbali....
    Andri Journal said...
    Lady Doctor Journal part 2. :D

Post a Comment