ANC Pertamaku


Ini nih print-print an USG kandunganku :)


Salah satu alasanku ke Sorong emang untuk ANC kandunganku. Karena di Bintuni ga ada Sp.OG, jadi option ANC nya di Manokwari ato Sorong. Jadi sampai usia kehamilan 22 minggu, aku belum pernah ANC ke Sp.OG.Cuma pernah sekali aku USG sendiri di Pkm Bintuni pada UK 19 minggu [yang USG Bafit, tapi berhubung kita sama2 blank soal USG, kita udah seneng ngeliat janinya gerak n jantungnya berdenyut].

Sebenarnya dulu disarankan ma dr Condro agar aku USG+ANC saat usia kandungan 24 minggu, tapi 24 minggu ku itu sekitar pertengahan Agustus. Berhubung saat itu udah mau deket deket puasa, plus mulai tanggal 10 Agustus kegiatan TMC [Team Mobile Clinic] di puskesmasku udah mau mulai, ya sudah... akhirnya pergi diakhir Juli disaat usia kandungan sudah 22 minggu.


Dari salah satu pasienku, ahli Obgyn yang direkomendasikan di Sorong itu dr Jemmy Chandra di RS Mutiara.
Awalnya aku berniat ANC di RSUD Sorong sekalian mengantar pasienku, pak Selamet, tapi ternyata poli tutup pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur. Aduh... Ya akhirnya kepikiran ke RS Mutiara itu.

Setelah cari2 info dimana letak RS Mutiara, ternyata RS Mutiara ini terletak di kawasan belakang Masjid Raya - Basuki Rahman.
Akhirnya demi alasan kepraktisan, kami memutuskan untuk menginap di Hotel You & Me [hmm, memang namanya agak norak, tp hotelnya lumayan kok] yang terletak di depan Masjid Raya.

Jam 10 an kami pergi ke RS Mutiara [sekitar 5 menit jalan kaki dari Masjid Raya]. Setelah tanya2 di pendaftaran, eh dr Jemmy nya lagi pergi n baru ada tanggal 9. Oh no... What a long long time...

Kebetulan pas jalan tadi kami melihat 1 RS swasta lagi, RS Kartini namanya, di plangnya sih ada Sp.OG nya. Tapi ternyata ga ada praktek reguler Sp.OG di RS Kartini, dan oleh resepsionis kami disarankan untuk periksa di dr Fiel di RS Herlina ato ke dr Edwell di kawasan RSUD.

Akhirnya kami iseng-iseng ke RS Herlina untuk melihat jadwal dr Fiel. RS Herlina ini terletak di dekat pasar, RS kecil tapi lumayan rame.

Disebelah RS Herlina, berdirilah tempat praktek dr Filvanus Jabiy, Sp.OG. Dari luar kelihatan kumuh dan tidak meyakinkan, tapi yang antre didalem.. Weuhh... Rame!

Ternyata kebetulan dr Fiel praktik pagi mulai jam 10 WIT sampai selesai, so akhirnya aku sekalian daftar.

Pas periksa, dr Fiel langsung nanya aku lulusan mana n bla bla bla [emang di pendaftaran aku ditanyain pekerjaanku apa n alamat]. Trus dia USG kandunganku. Dia nanya, mau tau jenis kelamin nggak?

I said we do. Trus dia bilang klo calon bayiku cowok, "pasti cowok"!. Kemudian dia nunjukkin bayangan scrotum di monitor. He3, sudah aku duga sebelumnya, karena selama aku hamil aku jadi malas dandan n keliatan hitam [katanya siy klo gitu, kemungkinan besar anaknya cowok].

Then he said that my baby is okay, semua normal, beratnya sekitar 440 gram. Dan aku dianjurkan awal November udah pulang ke Jawa buat persiapan melahirkan [aku senyum aja, soalnya bos Andreas kan susah buat dimintain ijin], n agar hati2 selama kehamilan, trus disuruh telfon dia klo ada apa2. Baeknya... [digratisin juga lho... Karena sesama TS kali ya :D makasih dr Fiel!]

Keluar dari ruang praktik, cengar cengir senang... Pokoknya Alhamdulillah banget deh. So far so good...Dan muga2 kehamilanku berjalan lancar dan anakku nanti lahir dengan lancar dan sehat sempurna. Amien...

0 Comments:

Post a Comment