Ke Raja Ampat Tapi Ga ke Raja Ampat



(Pemandangan pualu Saonek dari kejauhan)

Ke Raja Ampat Tapi Ga ke Raja Ampat
Kok bisa???

Hehehe...

Iya, judulnya kemarin kita emang pergi ke Raja Ampat, but kita bener2 kunjungan superfisial, bukan explore kayak yang lainnya.

So... critanya... kita kan akhirnya ke Raja Ampat naek Geovani, turun di Waisai, ibukotanya Kab. Raja Ampat di pulau Waigeo.

Pertama kali datang, bengong abis. In our mind, Raja Ampat tuh dah rame, kan namanya udah banyak kesebar ke penjuru dunia. But ternyata... sepiii... Sampai celingukan n akhirnya nanya tukang ojek, "bener ga nih Waisai?". Si tukang ojek mengiyakan, gubrak!! jauh dari bayangan. Mana lagi Waisai sendiri pemandangannya ga seindah yang ada di foto2 Raja Ampat itu.Waisai tuh pantainya berpasir hitam... mana kota Waisai-nya kecil, masih baru banget.


Nyeselnya... pas kami berangkat naek Geovani itu, ternyata si kapal cepat Marina Express juga berangkat ke Raja Ampat, cuma dia berlabuh di Saonek, pulau di sebelah Waisai. Nhaaa... si Saonek ini walo kecil, tapi lebih bagusan daripada Waigeo. Pantai di Saonek berpasir putih...

So akhirnya kami putuskan nginep di Penginapan Waisai Indah (yang ada di iklan koran hehe). Letaknya di dekat Pantai WTC, di "downtown" Waisai. Penginapannya kecil, cuma 10 kamar. cuma ada 2 tipe, tipe 1 pake AC plus kamar mandi dalam seharga 225k klo sendiri, 275k klo berdua. Sementara yang tipe 2, sangat "ekonomis", cuma fasilitas fan aja, kamar mandi luar, harga 200k klo sendiri, 225k klo berdua.

Selain Waisai Indah ini, ada penginapan lain tak jauh dari situ, Penginapan Marci, tampilan luarnya sih lebih oke daripada si Waisai Indah...

Oleh teman, kami disarankan untuk menyewa ketinting pergi putar2 pulau lainnya, seperti Saonek etc. Setelah ngobrol ma pegawai penginapan, dia bilang lebih oke an pantai Waiwo, bisa dijangkau naek motor, sewa motor per hari 100k. Akhirnya kami memutuskan untuk menyewa motor dan pergi ke Waiwo keesokan harinya. Mikirnya, nanti klo pengen ke Saonek, besoknya bisa nyewa ketinting lagi buat ke Saonek.

Esoknya kami melihat sunset di pantai WTC (Tak tau apa tuh kepanjangannya). Pantainya lumayan deket dari penginapan, cuma jalan kaki 5 menitan. Pantai ini sudah dibangun lumayan ok. Tampilannya agak mirip dengan pantai Losari di Makassar, cuma sayangnya dibeberapa tempat bangunannya sudah mulai retak.

jam 9 pagi kami mulai jalan ke Waiwo. Si mas nya bilang, Waiwo deket, sekitar setengah jam an naek motor. Jalanannya sih udah lumayan ok, cukup rata walopun naek turun melewati perbukitan. Banyak tanjakan tinggi, sampai-sampai aku terpaksa turun n jalan kaki saking takut jatuh. Bafit malah sempet jatuh pas nurunin tanjakan! hihihi

Setengah jam terlewati, kok ga nemu pantai Waiwo ya?? mana ga ada panunjuk jalan lagi... Ga ada juga rumah penduduk... Kesasar nihhh???

Akhirnya setelah hampir 1 jam an, ada warga lagi jalan kaki, waktu kita tanya, ternyata kita sudah nglewati Waiwo! katanya, jalan ke Waiwo emang agak tersembunyi, sehabis tanjakan tinggi tempat Bafit jatuh.

Akhirnya sampai juga di Waiwo. N... not as magnificent as Sinaga said. Biasa ajahhh... Habis... aku kan sempet tinggal 5 bulan didaerah pantai. N i can say, pantai di Numfor jauh lebih bagus dari Waiwo!

Dari Waiwo kita bisa lihat Saonek dari kejauhan. Not so big... paling segede pulau Manem di Numfor, bisa dikitarin dengan 1-2 jam jalan kaki. Tampak pula perkampungan di Saonek.

Kita sempet bimbang, mau stay lagi 1 hari n besoknya ke Saonek dkk ato langsung pulang ke Sorong aja hari itu. Akhirnya dengan pertimbangan bahwa kami ke Saonek dkk paling-paling cuman buat foto2 aja, yang mana pantainya juga ga jauh beda dengan pantai2 lain yang kami kunjungi, akhirnya kami putuskan buat kembali saja.

Mengecewakan ya? Rugi besar?? karena udah ke Raja Ampat tapi ga explore furthermore?

A bit... tapi mu gimana lagi... aku ga bisa renang, diving, juga keadaanku lagi hamil 7 bulan. Bafit juga ga terlalu interest buat renang n diving. Mana untuk explore tu kita harus naek ketinting or speed, ah malas.... repottt... Ntar ntar aja lah... another family vacation ketika infrastruktur di Raja Ampat sudah jauh lebih mudah :)

But at least... we can say that we've visited Raja Ampat!!

0 Comments:

Post a Comment