Sharing Bisnis Onlen

As you know, sudah beberapa bulan ini saya menjalankan bisnis online. Bisnis yang cucok dengan hobi onlen saya :D

It's Danish Clodi Shop, online shop yang menjual cloth diapers (clodi). Rupanya ada beberapa orang yang memperhatikan bisnis saya, then asked me "cara sukses berbisnis?"

Waks??Wooowwww, senangnya dianggap sukses :)

To be honest, I didn't meant it. Mulanya coba2 sih... But then, fortune is on my side, it runs quite well *luck itu penting dalam berbisnis, my mom told me that, n I believe it, she runs business over 20 years

Saya memulai dengan hal yang saya sukai, Saya hobby onlen n I was quite addicted to cloth diaper, tergila2 :) itu modal saya, pengetahuan tentang berbagai macam produk popok tersebut. Walopun pengetahuan saya belum sebanding dengan ilmu2 mommies clodi addicts di milis :)

Modal uang?well besar kecilnya modal sih relatif ya... Yang terang awal2nya hubby agak keberatan ketika saya memakai uang tabungan untuk memulai usaha hehehe :D Jujur saja, gaji + insentif tiap bulan selalu ikut keputer untuk belanja *another lesson; buat pembukuan yang baik hahaha :D

Buka bisnis di awal2 maunya banyak, tapi modal cupet. Untungnya saya "nemu" supplier yang baik hati, dikasi kredit hihihi :) *I really2 appreciate it* she's a generous person, dan kami sering bertukar pikiran n share idea about "super diaper" hahaha :D So lucky that I met her!

Karena awalnya saya merupakan online buyer, jadi agak2 ngeti apa yg diinginkan buyer. You know, males banget kan klo belanja onlen tapi responnya lama, trus pelit jawab klo ditanya2, n ga bisa ditawwarrrr *hahahaha :D

Sebagai seorang seller, you must know your product! Its important; tahu keunggulan dan kelemahannya; be objective. Saya menjual clodi yang kebanyakan udah dicobakan dahulu ke baby Westpa, dan hanya yang saya sreg-lah yang saya jual...Segmen OS saya menengah keatas :)

As a seller, harus responsif n balesin pm/comment/sms/email secepat mungkin *thanks God, work hour saya pendek :D

Trus kudu sabarrrrrrr, kadang udah jelasin sampe berbusa2 mengenai produk2nya, calon buyer ga jadi beli or malah beli ditempat lain. Nganyelke emang, tapi lama2 biasa hahahaha. Prinsipnya ; buyer is not buyer until they transfer :D ga bakal makan ati lagi klo gitu. Dijawab sejelas2nya, klo deal ya Alhamdulillah, klo cancel or hit&run ya sudahlahhhhh

Truss.. Mau nanganin komplain. Well, karena saya menjalankan OS sendirian; menjawab pesan/inbox, ngepack barang, kirim paket sendiri, dll; kadang2 ada aja barang yang salah terkirim or ternyata ada defect kecil T_T just be fair; retur or refund.

Another complaint yang sering; barang ilang or ga sampe2. Sebenernya yang harus dipahami, ketika paket itu sudah masuk ke ekspedisi/jasa pengiriman, maka paket tersebut sudah diluar kuasa seller, menjadi tanggung jawab buyer. Tapi karena saya sendiri juga seorang buyer, saya mengerti perasaan deg2an buyer yang barangnya ga sampe2. Jadi sebisa mungkin saya bantu track ke ekspedisi, Alhamdulillah paket2 yang sempat ga ada kabarnya itu akhirnya sampai ke customer dengan selamat :)

Another things; After Sales Service hehehe :) that's what you want from a seller kan... Heuheuheu. Jangan mau terima duitnya aja tapi ga mau ditanya2in lagi klo udah kelar transaksi hahaha :D

That's it modal saya *ehm, plus my old Nokia 6120c yang handy hehehe :D

Dan hasilnya?? Well, labanya dipake buat belanja onlen lagi hihihi ;D Plus nabung2 dikit buat sangu skulahhhh

Target saya kedepan, memperbesar bisnis dan me-maintainance nya sebaik mungkin sebagai salah satu sumber pemasukan tetap selama sekolah. Dan melirik ke arah bisnis yang lain, mungkin seperti passion saya sejak lama (warung kopi hahaha :D). Selain itu ada cita2 mempunyai toko buku sendiri hehehe. Like AKSARA??? Yaaayyyyyyyy, I hope I can make it later :)



Sent from my WestpaBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

0 Comments:

Post a Comment